Login sebagai root melalui GUI Ubuntu 8.10

Dengan alasan keamanan, secara default user root akan di disable untuk bisa login kedalam sistem melaui modus grafis (GUI). Seperti di ketahui user root merupakan user yang paling “berkuasa” atas semua resource yang ada dalam sistem, jadi harus benar-benar hati-hati ketika Anda login sebagai user ini. Namun bagi Anda yang ingin bereksperimen bagaimana agar user root bisa login melalui modus grafis (GUI), berikut langkah-langkahnya:

  1. Login sebagai user biasa melalui GUI. User biasa adalah user yang Anda buat ketika melakukan instalasi.
  2. Klik pada menu System > Administration > Users and Groups.
  3. Kemudian akan di tampilkan user dan group yang ada dalam system. Di sana Anda akan melihat user root dalam kondisi terkunci (locked), yang harus Anda lakukan adalah membuka kunci tersebut dengan cara Klik use root, kemudian klik tombol UNLOCK. Ketika Anda mencoba untuk men-unlock user root, Anda akan diminta untuk memasukkan password – password yang Anda gunakan untuk login ke sistem, bukan password root. Masukkan password Anda kemudian klik Ok.
  4. Anda akan melihat user root sekarang sudah dalam keadaan UNLOCK atau terbuka. Double klik pada user root, masukkan password untuk user root dan klik Ok. Tutup jendela Users and Groups.
  5. Buka terminal melalui Applications > Accessories > Terminal.
  6. Masuk sebagai root pada terminal dengan mengetikkan su – root dan masukkan password root.
  7. Lakukan perubahan pada file /etc/gdm/gdm.conf. Anda bisa menggunakan text editor yang Anda sukai, tapi saya lebih suka menggunakan pico karena kemudahannya. Ketikkan pico /etc/gdm/gdm.conf
  8. Cari kata AllowRoot=false kemudian ganti dengan AllowRoot=true.(ingat nilai ini bersifat case sensitive – besar kecil huruf dianggap beda). Simpan dan keluar dari terminal.
  9. Log out dari user Anda yang sekarang dan login sebagai root dengan password yang sudah di set sebelumnya.

Selamat mencoba!