MySQL: Table ‘[….]’ is marked as crashed and should be repaired

Mungkinkah Anda pernah mengalami database Anda tidak bisa diakses? Yang pasti bingung banget, apalagi data-data yang tersimpan adalah data-data yang sangat penting. Hal ini lah yang saya alami beberapa hari yang lalu ketika saya pergi ke Telkom yang rencana awal akan mau memperbaiki program Calang (calon pelanggan) Speedy yang pernah saya buat dulu – sebenarnya bukan memperbaiki sih, karena emang gak ada yang error, cuma menambah beberapa script program karena perubahan persepsi antara programmer dengan pengguna. Belum sempat saya memperbaiki, sudah muncul masalah baru, data tidak bisa diakses. Salah satu tabel yang menyimpan semua informasi calon pelanggan speedy gak bisa diakses. Waduh….

Di layar monitor ditampilkan pesan error “Table ‘./db_telkom/telkom_data’ is marked as crashed and should be repaired”. Menurut operatornya, sebelumnya gak ada masalah, tapi setelah mati lampu mendadak, data tersebut sudah tidak bsia diakses, malah muncul pesan error itu. Melihat pesan yang ditampilkan, tabel tersebut (telkom_data) mengalami chrash dan perlu di repair, tapi gimana caranya???

Setelah beberapa waktu bertanya pada “si dukun sakti”, Mbah Google, ada beberapa “pertolongan” yang bisa dilakukan, melalui phpmyadmin dan melalui command prompt/terminal.  Tentu akan lebih mudah jika menggunakan phpmyadmin, tinggal klik-klik-klik beres. Tapi bagi Anda yang sistemnya belum terpasang atau memang sengaja tidak dipasang phpmyadmin, Anda bisa menggunakan modus text atau melalui command prompt/terminal.
Jika Anda memilih menggunakan command prompt, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Sign up ke dalam system mysql Anda dengan memberikan perintah mysql –u root –p [enter], masukkan password untuk user root. Jika password user root di set kosong, Anda cukup mengetikkan mysql [enter].
  2. Pilih database yang ingin diubah. Misalnya “db_telkom”, berikan perintah use db_telkom;
  3. Untuk melakukan repair berikan perintah REPAIR TABLE [nama_tabel]; , sehingga dalam kasus ini diberikan perintah REPAIR TABLE telkom_data;
  4. Jika proses repair Anda berhasil, akan muncul keterangan bahwa proses repair berhasil dilakukan.

Setelah proses repair tabel berhasil, saya coba akses data dan Alhamdulillah, semua beres, kembali seperti semula. Semoga bermanfaat.